Pengelolaan Administrasi Bisnis Yang Efektif

Ditulis oleh: Frederika Nova | 15 Dec 2023


Punya Bisnis ? Yakin sudah mengelola administrasi bisnis dengan baik?


Bisnis yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang ataupun suatu kelompok dengan kegiatan yang dilakukan yaitu menawarkan barang serta jasa untuk mendapatkan  suatu keuntungan. Barang atau jasa tersebut tentu saja di jual dan ditawarkan ke pasaran. Dengan tujuan yang ingin dicapai tergantung dari target seorang individu  tersebut ataupun kelompok yang melakukan bisnis. Namun, secara umum tujuan dari bisnis yaitu seperti memenuhi kebutuhan hidup seseorang dengan produk serta jasa yang ditawarkan, memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat , meningkatkan perkembangan atau pertumbuhan ekonomi, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi tujuan salah satu caranya yaitu dengan tersebut tentu saja memerlukan administrasi serta bagaimana cara pengelolaannya. 

Administrasi adalah proses yang dilakukan bersama atau kerja sama antara suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah dirangkai atau direncanakan.Sedangkan pengelolaan administrasi merupakan proses manajemen dan organisasi melakukan pemeliharaan dan mengatur aspek administratif dari bisnis atau usaha yang dilakukan. 

Bagaimana cara yang efektif dalam mengelola administrasi tersebut? 

Berikut merupakan cara yang efektif dan menjadi komponen penting dalam mengelola administrasi :

  1. Manajemen Personalia

Bagian ini terkait dengan pengelolaan administrasi yang berfokus pada pengelolaan aspek-aspek terkait dengan karyawan atau sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi.Dengan tujuannya yaitu  mengelola karyawan secara efisien dan efektif agar dapat berkontribusi maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.Manajemen personalia yang baik dapat membantu organisasi mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, meningkatkan produktivitas, dan mencapai tujuan bisnisnya.

  1. Manajemen Dokumen

Manajemen dokumen ini yaitu proses yang berkaitan dengan pengorganisasian, pengarsipan, pemeliharaan, dan bagaimana pengendalian dokumen dalam suatu organisasi. Dengan tujuan dari manajemen dokumen adalah memastikan bahwa informasi yang dibutuhkan dalam operasi sehari-hari organisasi dapat diakses dengan mudah, aman, dan efisien.

  1. Manajemen Keuangan

Pengelolaan administrasi mencakup pengawasan dan pengelolaan keuangan organisasi, termasuk anggaran, akuntansi, dan pelaporan keuangan.Mengelola aspek keuangan organisasi dengan cermat dan efisien untuk menjaga kestabilan keuangan dari suatu organisasi.  

  1. Manajemen Waktu

Ini berkaitan dengan perencanaan dan penjadwalan aktivitas, pertemuan, dan tenggat waktu dalam organisasi. Mengelola waktu dengan baik, dapat membantu  lebih produktif, efisien, dan fokus pada tugas-tugas yang penting.

  1. Manajemen Sumber Daya  

Manajemen sumber daya merupakan  proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan terhadap semua sumber daya yang tersedia dalam suatu organisasi atau proyek untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sumber daya ini  mencakup berbagai aspek, termasuk sumber daya manusia, keuangan, materi, waktu, dan teknologi. 

  1. Manajemen Komunikasi

Dalam manajemen komunikasi terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi komunikasi di dalam organisasi atau proyek guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Maksud dari manajemen komunikasi adalah memastikan bahwa pesan dan informasi disampaikan dengan jelas, efisien, dan efektif kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) baik di dalam maupun di luar organisasi.

  1. Kepatuhan Hukum

Kepatuhan hukum merujuk pada ketaatan atau pemenuhan terhadap peraturan, undang-undang, kebijakan, standar, dan regulasi yang berlaku di dalam sebuah organisasi atau entitas. Maksud dari kepatuhan hukum adalah menjaga agar suatu organisasi atau individu tidak melanggar hukum dan menjalankan aktivitasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  1. Perencanaan Strategis

Dalam perencanaan strategis terdapat proses sistematis yang dilakukan oleh organisasi atau entitas untuk merumuskan tujuan jangka panjang, visi, misi, strategi, dan rencana aksi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. 

  1. Manajemen Proyek

Maksud dari manajemen proyek adalah untuk memastikan bahwa proyek selesai sesuai dengan batas waktu, anggaran, dan spesifikasi yang telah ditetapkan, sambil meminimalkan risiko dan memaksimalkan hasil yang diinginkan.

  1. Pemantauan dan Evaluasi Kinerja

Pengelolaan administrasi mencakup pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja organisasi dan staf untuk perbaikan berkelanjutan.Maksud dari pemantauan dan evaluasi kinerja adalah untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan dampak dari tindakan atau kegiatan yang dilakukan. 




Berbagi artikel
Kategori Artikel


Artikel Lain

5 Website Terbaik untuk Mencari Ide UI Desain
Ditulis oleh: Admin Sosmed | 17 Apr 2024
Tantangan dan Peluang dalam Dunia Web Development
Ditulis oleh: Lestin Seran | 05 Dec 2023
Mengenal Berbagai Jenis Sistem Operasi di Era Digital
Ditulis oleh: Frederika Nova | 30 Nov 2023