Mengenal Berbagai Jenis Sistem Operasi di Era Digital

Ditulis oleh: Frederika Nova | 30 Nov 2023


Sistem Operasi merupakan perangkat lunak atau perangkat keras yang bertindak sebagai perantara antara pengguna komputer atau perangkat dan perangkat keras komputer itu sendiri. Sistem operasi berperan penting dalam mengelola berbagai komponen perangkat keras, menyediakan layanan yang diperlukan untuk aplikasi, serta memberikan antarmuka pengguna agar pengguna dapat berinteraksi dengan komputer atau perangkat secara efisien.

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut. Saat ini, sistem operasi modern telah menggunakan antarmuka pengguna grafis (disebut GUI). GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.

Berikut berbagai jenis sistem operasi yang digunakan:

  1. Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an.  versi-versi yang terbaru seperti Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009), dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007). Keunggulan dari Microsoft Windows yaitu seperti antarmuka pengguna yang mudah dipahami, dukungan perangkat keras, kompatibilitas aplikasi, kemampuan multitasking, dan masih banyak lagi. Karena keunggulan tersebut membuatnya menjadi sistem operasi yang populer.

  1. Linux

Sistem operasi linux ini dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi ini berbeda dengan perangkat lunak seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan pemiliknya. Keunggulan Linux adalah gratis, dan terdapat banyak distribusi atau versinya yang dapat dipilih.

  1. Mac OS

Sistem operasi ini juga sudah terpasang pada semua komputer Macintosh atau yang biasa disebut disebut Mac baru. Banyak orang lebih menyukai tampilan dari sistem operasi Mac OS X daripada Windows tetapi dari sisi harga, masih lebih mahal dari sistem operasi Mac OS dibandingkan dengan sistem operasi Windows atau Linux.  Dengan keunggulan dari sistem operasi Mac OS yaitu lebih stabil, tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia, memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas, serta aman dari virus.

  1. Unix

Sistem operasi Unix dibuat oleh sebuah perusahaan AT&T, general electric, dan MIT pada tahun 1965 untuk DARPRA. Unix ini juga adalah sebuah sistem operasi baku yang dapat dipakai dari segala komputer dan termasuk juga untuk komputer mini.

  1. iOS

Sistem operasi iOS adalah sistem operasi eksklusif yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad. Konsep dari  iOS memang terkenal eksklusif karena hanya produk Apple yang bisa menggunakan, sementara yang lain tidak boleh. Setiap tahun, sejak kemunculannya di publik, Apple selalu mengeluarkan pembaruan versi iOS. Bersamaan dengan itu, kemampuan iOS juga berkembang lewat fiturnya yang memudahkan pengguna.


  1. Android 

Android merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Google. Android telah menjadi salah satu sistem operasi paling populer di dunia, terutama digunakan pada perangkat seluler seperti ponsel pintar (smartphone) dan tablet.


  1. Microsoft DOS (Disk Operating System)

Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) adalah sistem operasi berbasis teks yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. MS-DOS menjadi populer pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, terutama pada komputer pribadi yang menggunakan prosesor Intel x86. Kelebihan dari sistem operasi DOS ini adalah memiliki ukuran yang kecil, penggunaan memori cukup ringan, serta sangat kompatibel dengan berbagai perangkat.



Berbagi artikel
Kategori Artikel


Artikel Lain

Pengelolaan Administrasi Bisnis Yang Efektif
Ditulis oleh: Frederika Nova | 15 Dec 2023
Tantangan dan Peluang dalam Dunia Web Development
Ditulis oleh: Lestin Seran | 05 Dec 2023
Pentingnya UI/UX: Membangun Pengalaman Pengguna yang Luar Biasa
Ditulis oleh: Gratia Stephanie | 21 Nov 2023